Kena Dampa, Secepatnya Cari Janda

Esai

Teman-teman pernahkah kalian terkena dampa/dompo, salah satu penyakit kulit, yang juga dikenal dengan nama Herpes Zoster. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bintil berisi air pada kulit. Penyebabnya adalah infeksi dari virus Varicella Zoster.

Virus varuicella Zoster ya, bukan daster😄😄. ketika kamu terkena penyakit ini, pasti rasanya tidak nyaman. Perih, panas dan ini bisa menyebabkan sulit tidur. Ya namanya juga penyakit, pasti gak ada enaknya…hehe

Nah, ada yang menarik dalam pengobatan penyakit kulit yang satu ini. Terutama pengobatan tradisional di Jawa. Sebagian masyarakat Jawa ketika terkena dampa mereka akan mencari seorang JANDA, Bukan janda sembarangan pastinya. Melainkan seorang janda yang sudah menikah lagi dengan perjaka (bujang).

baca juga: Kebaikan Orang Watukelir di Bandung

Mereka akan mendatangi janda tersebut dan meminta lantaran untuk penyembuhan penyakitnya. Sang janda pun sudah paham, dia akan mengambil sedikit garam & babal (nangka yang masih kecil & muda) kemudian dikunyahnya.

Setelah dikunyah, babal tadi disemburkan ke kulit yang terkena dampa. Agak jorok memang, tapi beberapa orang yang mencoba pengobatan tersebut 2-5 hari sudah sembuh. Tentunya memang harus diimbangi dengan keyakinan yang tinggi.

Tapi perlu kalian ketahui jama’ah Tigongdoso yang budiman, bahwa air garam juga mampu mengobati dan menghilangkan kuman serta bakteri pada kulit lo, terutama pada kulit wajah.

baca juga: Ketika Bisnis Lebih Ganas daripada Virus Corona

Sedangkan nangka yang mempunyai banyak antioksidan, flavonoid dan fitonutrien mampu mencegah tumbuhnya sel kanker.