Gus Dur Kiai Nyeleneh

Tokoh

Design by Tigongdoso

Kebiasaan Gus Dur adalah tidur di mana saja pada saat shalat Jum’at, pada saat rapat, bahkan pada saat menjadi pembicara. Gus Dur juga satu-satunya presiden yang mempersilahkan rakyat datang ke Istana Presiden hanya menggunakan sandal jepit. Gus Dur yang suka mengkritik dengan humor  dan jika balik dikritik, dengan santainya akan bilang: “Gitu aja kok repot!” Yah itulah Gus Dur, presiden terlucu sedunia. K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, mungkin saat ini sedang melucu di surga.
Meski sosoknya fenomenal dan kontroversial, Gus Dur yang mengajarkan bangsa ini untuk menikmati indahnya perbedaan, untuk memberikan hak bagi mereka yang memang layak mendapatkannya, untuk melihat-lihat segala sesuatu dari prespektif yang lebih luas. Gus Dur merespon segala sesuatu dengan enteng, dengan humornya yang cerdas, dan sangat apa adanya.
Segala celoteh dan guyonan Gus Dur akan selalu kita kenang. Bukan saja karena lucu, tapi karena mengajarkan banyak hal bagi kita, dan mengajak kita untuk mampu menertawakan diri sendiri, menertawakan kegilaan, dan kesalahan kita sendiri.