Flash Kamera, Simpel Tetapi Memalukan

Cerpen

Diakhir semesteran sekolah memang sudah menjadi rutinitas siswa untuk mengerjakan soal ujian, begitu pun seorang guru juga bertugas mengawasi jalannya ujian agar berjalan dengan lancar. Pagi itu, yang lumayan cerah dan sumringah  sekitar pukul 07.30 WIB anak-anak sudah memasuki ruangan ujian, sementara saya masih sibuk dandan di kamar asrama, begitulah kehidupan cowok cool. Akhirnya, saya pun terburu-buru untuk segera masuk ke ruang kelas. Ternyata saya telat kurang lebih 15 menit, untung sudah ada Pak Ali Fajar yang tepat waktu membawa naskah soal yang akan dikerjakan anak-anak.

“Assalamua’alaikum?” salam saya dari balik pintu.

“Wa’alaikumsalam, Pak!” jawab anak-anak sambil cengengesan.

Saya pun masuk ke ruangan dan duduk manis, sekaligus sambil mengisi perangkat administrasi ujian; berita acara soal ujian, absensi dll. Di ruangan itu kebetulan suasananya  tidak seperti biasanya, kalau ujian semester pesertanya itu diacak dengan kelas lain tidak seperti saat pelajaran biasa. Jadi, dalam ruangan tersebut anak Teknik Kendaraan Ringan dan Akuntansi dicampur tempat duduknya. Tentu kesempatan itu sangat empuk di manfaatkan oleh anak Teknik untuk menyepik-nyepik anak Akuntansi yang semua pesertanya adalah perempuan.

Modus ala Denny Cagur saat merayu Mbak Najwa Shihab di OVJ Trans 7 pun diperagakan oleh anak-anak teknik, sebagian anak teknik juga ada yang grogi, sekadar untuk menyapanya saja sungkan apalagi untuk ngajak ngobrol cewe disebelahnya. Biasanya kalau anak teknik saat pelajaran di kelas disuruh diskusi saja susahnya minta ampun, giliran bareng anak bismen diskusinya berjalan lancar, busyett dah. Memang kalau lelaki selalu kalah dari wanita, diprengesi sekali saja bisa pingsan. Apalagi kalau mrengesnya sampai dua kali, bagaimana jadinya?

Saya sebagai guru yang mengawasi ujian pun menyadari dan memaklumi hal tersebut, karena saat sebagai murid pun dulu saya pernah mengalami hal yang demikian. Paling satu kali dua kali beberapa anak saya tegur karena diskusinya seperti penjual sayur dipasar, ramainya.

Ditengah kehengingan dan kekusyuan anak mengerjakan soal, saya pun berinisiatif untuk mengambil momen tersebut dengan memfoto mereka. Alih-alih untuk mengisi kejenuhan dan juga saya niatkan untuk dijadikan status WhatsApp biar terlihat lebih kekinian lah. “Ini lho saya lagi ngawasi ujian di kelas” kurang lebih begitu caption yang akan saya tulis di kolom status.

Saya pun secara diam-diam mengambil foto mereka sambil duduk dikursi pengawas. Dasar nasib malang. Tanpa kuduga saya lupa menonaktifkan flash kamera belakang. Akhirnya, seluruh isi ruangan tersebut kaget dan menertawai saya seperti tidak punya dosa.hehe. Demi menjaga harkat dan martabat bangsa saya pun mencoba mengelak agar harga diri saya tidak jatuh-jatuh amat.

“Itu tadi saya sengaja menghidupkan lampu flashnya, biar dikira ndak nyolong foto. Mencuri kan dosa, jadi saya hidupkan flasnya!” begitulah pembelaan saya.

Tak disangka mereka malah tambah pecah ketawanya. Waduhhh….

Ya sudah lah, biarkan mereka tertawa diatas penderitaan saya, yang penting mereka bahagia.

Sebagai guru tentu saya harus kelihatan lebih pintar dari murid saya. Berhubung saya sudah mendapat foto yang  menarik berkat flash yang hidup tadi, tak disangka gaya foto mereka di depan kamera jadi lebih natural. Wajah-wajah bucinnya pun jadi kelihatan. Ini yang saya jadikan senjata untuk membalas mereka. Tak perlu menunggu waktu lama foto tersebut pun saya upload di grup WA kelas mereka.

“Lah…Pak. Diuploadi mbarang ko nang grup, elek je!” sahut salah satu dari mereka.

“Ya men….gantian donk, siki aku sing ngguyu! Hahaha” sambil guling-guling dalam hati.

Jadi, tips bagi kalian yang ingin mencuri foto orang lain untuk diperhatikan dan dipersiapkan. Pertama, pastikan baterai hape ndak ngedrop. Kedua, pastikan mode flash kameranya sudah posisi off. Terakhir, agar lebih manjur dan tidak diketahui oleh orang lain, belajarlah ilmu kanuragan untuk menghilang. Begitu kiranya tips ampuh yang bisa saya share ke kalian. Semoga pengalaman buruk tidak terjadi menimpa kalian.

Semoga bermanfaat..!!!