Cimplung Budin, Makanan Tradisional Asli Kebumen

Esai

Makanan khas pesisir selatan Kebumen sebut saja desa Karangduwur, Ayah, dan sekitarnya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang namanya Cimplung. Dilihat dari namanya memang sedikit lucu dan nggemesin. Iya kan ges? Mungkin beberapa dari anda ada yang belum tahu bahkan baru mendengar kata cimplung. Jangan khawatir ges nanti saya jelasin.
Cimplung siap untuk diplok 
Oke, saya akan mencoba untuk me-review-nya. Cimplung adalah makanan khas Kebumen yang berbahan pokok singkong atau Budin (bahasa Jawa). Cimplung sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu kata Cemplung yang berarti “masuk” atau “memasukan” sesuatu, dalam hal ini yang dimasukkan adalah Budin.
Rasanya sangat manis dan buket. Dalam proses pembuatannya cimplung cukup mudah dan simpel, selain itu juga tidak merogoh kocek yang mahal. Cukup hanya budin dan sajeng (nira kelapa) dan kerja keras tentunya.hehe. Langkah pertama yaitu kupas kulitnya terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam Wajan ukuran besar yang berisi sajeng mendidih. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai budin itu bertekstur empuk dan bagian tengahnya merekah. Kemudian budin diangkat dan ditiriskan. Simpel kan?
Nah, misalkan pemirsa mau mencoba membuat cimplung dan kesulitan mencari sajeng bisa ditemukan di wilayah pedesaan, pegunungan atau daerah pesisir Kebumen yang memproduksi gula merah atau gula Jawa. Misal di kecamatan Ayah; desa Karangduwur, Argosari, Argopeni, Kalipoh, Kalibangkang dll. Sementara budin sendiri relatif mudah ditemukan di pasar dan di ladang tetangga,  tetapi plis ijin dulu ya ges jangan asal ngambil.hehe.
Cimplung biasa disajikan sebagai makanan selingan di kala nganggur, lapar, dari pada bengong kan ges mendingan makan cimplung.hehe. Ada kalanya cimplung juga disajikan sebagai makanan khusus untuk menjamu tamu dari luar daerah karena beberapa kasus pernah terjadi orang kota itu gumunan (terheran-heran ngasi kegawa ngimpi).
Bagi teman-teman yang nyidam cimplung yang gratisan bisa main ke saudara atau teman yang berdomisili di wilayah penghasil gura merah, anda bisa request dibuatkan cimplung.hehe,
Salam telungpuluh!