Anak SMK Wajib Baca!

Esai

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang sedang digandrungi saat ini, banyak dari lulusan SMP/MTs  yang masuk ke SMK, karena sesuai dengan jargonnya “SMK Pasti Bisa!”. Kira-kira bisa ngapa ya? Kerja, kuliah, atau wirausaha? Saya yakin semuanya bisa… terkecuali bagi mereka yang malas alias bebehan.

Kalau kita membicarakan anak SMK, ada hal unik yang perlu kita telisik lebih mendalam. Berhubung saya pernah sekolah di SMK sedikit tahu lah tentang pergolakan dan kebiasaan anak SMK. Baiklah, langsung saja saya kasih fakta unik terkait anak SMK, kepo kan?

Pertama, pelajaran yang paling mereka sukai adalah pelajaran kosong! Wah, kurikulum tahun berapa tuh, ada pelajaran kosong segala.

Kedua, anak SMK mempunyai kebiasaan yang aneh dan tidak perlu untuk ditiru yaitu mencurahkan perasaannya di bangku, meja, dinding, atau media lainya dengan menuliskan “Ai Lop Yu”. Menurut pemahaman saya anak SMK salah kaprah mengenai cara mengungkapkan perasaan cintanya. Mencurahkan perasaan bukan di meja keeless, yang ada jadi kotor tuh mejanya.

baca juga: Rekomendasi Tempat Ngopi dan Nongkrong di Gombong

Mungkin saya kasih opsi saja yang cukup elegan, coba tulislah di mading sekolah, misal “Dear: Ratu. Aku adalah penggemarmu, yang bersembunyi di balik goresan pena ungu. Dan Aku, ingin mencintaimu dengan caraku sendiri, yaitu mencintaimu dengan cara yang paling sunyi. Tak perlu tahu siapa lah diriku. Yang perlu kamu tahu adalah Aku benar-benar mencintaimu. By: Ember Bejad”. Lebih romantis dan misterius kan? hee.

Ketiga, hari Senin adalah hari paling tidak disukai kebanyakan anak SMK, karena jauh dengan akhir pekan. Kayaknya si bukan hanya siswanya ya, tapi… eng ing eeeeng…….!

Keempat, saat anak lelaki berkerumun di kelas patut dicurgai. Kira-kira mereka lagi pada ngapain yah? Ah, mungkin itu hanya prasangka buruk saya saja. O…mungkin mereka sedang berdiskusi tentang pelajaran yang sulit untuk dipecahkan sendirian, jadi bergerombol gitu kaya mau tawuran, hehe.

Kelima, tempat yang paling diincar saat ulangan berlangsung adalah tempat duduk paling belakang. Bukan berarti mereka bodoh, kebanyakan dari mereka malah sangat jenius, saya rasa mereka sangat berbakat menjadi intelejen seperti tokoh kartun Detective Conan, seorang pelajar yang biasa memecahkan kasus-kasus besar yang terjadi di sekelilingnya. Cara Conan memecahkan masalah sudah mulai ditiru dan dimodifikasi oleh anak SMK yaitu dengan cara yang paling mudah adalah mengamati gerak-gerik gurunya di kelas, agar misinya mencari kunci jawaban tidak diketahui. Cerdas memang.

baca juga: Untuk Jomblo, Tips Memilih Wanita Yang Baik

Keenam, guru yang menyebalkan dijadikan bahan pembicaraan muridnya, tak luput sampai diejek pula. Lalu bagaimana dengan guru yang bucin? Apakah sama? Semoga saja tidak, karena hidup dan bucin bak saudara kandung yang sangat sulit untuk dipisahkan, hee.

Ketujuh, ada seribu satu alasan yang dimiliki anak SMK saat tidak mengerjakan PR. Namun alasan yang paling klasik dan sering diutarakan adalah “lupa Pak” halah kalian memang kebiasaan. Coba deh cari alasan yang lain misalnya “Saya sudah mengerjakan, Pak! Tapi lupa tidak bawa bukunya” itu mah sama saja.

Kedelapan, anak-anak ‘pandai’ membicarakan tentang pelajaran. Sebaliknya, anak-anak ‘bandel’ membicarakan bagaimana cara agar pulang sekolah lebih awal. Huhhh…

Kesembilan, doa yang sering mereka panjatkan ketika hendak ulangan “Ya Tuhan, semoga Bapak/Ibu guru hari ini rapat”…

Terakhir, anak SMK memiliki penglihatan yang sangat tajam, karena bisa membaca tulisan yang sangat kecil di selembar kertas primbonnya saat ujian berlangsung.

Namun dibalik itu semua anak SMK solidaritasnya sangat kuat dan kompak, menjunjung tinggi prinsip sama rata sama rasa. Misalnya, mbolos pelajaran berjamaah, dihukum satu dihukum semuanya.

Tentu tidak semua anak SMK seperti itu. Saya rasa dari kalian pernah mengalami hal yang demikian. Mulai saat ini, beberapa perbuatan yang kurang terpuji seperti diatas jangan ditiru ya, apa lagi sampai dilestarikan. Aduh, nanti urusannya jadi repot.

baca juga: Flash Kamera, Simpel Tetapi Memalukan

Bagi kalian yang pernah melakukannya sadarlah. Bahwa tindakan yang kurang baik itu tidak perlu dibanggakan berlebihan. Prestasi lah yang semestinya kita banggakan.

SMK Pasti Bisa!