5 Youtuber Ngapak Asli Kebumen Yang Terkenal

Esai

Bahasa ngapak adalah salah satu dialek dari bahasa Jawa khususnya wilayah Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen) dan sekitarnya. 


Sekilas jika diamati memang bahasa ngapak cukup unik karena dalam pengucapan biasanya diucapkan dengan intonasi yang cepat dan medok. Oke, sekarang bahasa ngapak dijadikan komoditi hiburan di you tube bahkan sudah mempunyai banyak penggermarnya. Berikut daftar youtuber ngapak asli Kebumen yang terkenal menurut Tigongdoso.com :

Orang Kebumen tentu tidak asing lagi dengan youtuber yang satu ini. Siapakah dia? Yaps betul, Ia adalah Dede Kustiawan atau yang lebih dikenal dengan Dede yang tinggal di Kedawung Kebumen, sang pemilik akun channel Youtube deedee ka telah memiliki lebih dari 420 ribu subscriber. Ciri khas akun youtube yang satu menggunakan bahasa ngapak dengan mengambil idiom #cingire. Selain sebagai seorang youtuber deedee ka juga seorang komposer lagu. Salah satu lagu yang cukup terkenal yang berjudul “Tempe”. Bahkan video yang dibuatnya beberapa kali masuk trending di youtube. Serrr………. 

Youtuber ini bisa dibilang masih baru, namun akhir-akhir ini sempat viral dan banyak dibagikan diberbagai media sosial. Video ini diperankan oleh 3 bocah sepermainan dengan mengambil persitiwa keseharian anak-anak yang dikemas dengan penuh komedi. Disamping 3 pemeran anak-anak ada seseorang yang menjadi kreatornya yaitu Rendra. Pria yang juga kerap muncul di beberapa episode Polapike itu nyatanya bukan orang baru dalam dunia hiburan. Sebelumnya ia pernah tergabung dalam sebuah grup lawak dan mengikuti ajang kompetisi grup lawak yang diadakan di Indosiar dengan nama grup ASN (Arti Sebuah Nama). Setelah itu, ia juga banyak terlibat di beberapa TV Swasta yaitu Ok Jek, TTM (Tetangga tapi Mantan), dan masih banyak lainnya. Dengan bekal pengalaman di dunia entertain Rendra mampu beradaptasi dan berhasil di youtube dengan konsep bahasa ngapaknya.

Combrose adalah film ngapak dari Kebumen. Karya-karyanya sudah banyak sekali, bahkan sudah sampai keluar negeri. Dengan ciri khas selalu mengangkat film dengan tema kehidupan nyata disekitar masyarakat mulai dari “Rekasene Urip”, “Ibuku TKW”, ” Kisah Pembegalan” dan Lain-lain, untuk pertama kalinya combrose akan mengankat sebuah film yang lagi Viral. Film tersebut berjudul “Despacito”. Film yang diproduksi oleh XP (Xramotax Production ) ini juga menyuguhkan cerita yang lucu dan menyedihkan. Film yang disutradarai oleh Alip Hajar ini juga bisa membuat pengunjung terharu karena merasa film yang ditontonnya sesuai dengan realita hidupnya.

Boim ngapak adalah creator dengan konten video parodi asli Gombong, Kebumen. Hampir semua postingannya adalah balasan dari lagu yang sedang viral di youtube dikemas dengan lelucon yang membuat gelak tawa penontonnya. Video yang paling populer yang dimiliki Boim adalah yang berjudul “Balasan Tak Tun Tuang” dengan 2,2 juta kali ditonton.

Dari namanya Maruling cukup unik, pemilik akun channel youtube yang satu ini adalah Komarudin atau yang biasa disapa Komar, asli warga Desa Karangduwur, Ayah, Kebumen. Kebanyakan dalam videonya Komar membuat film pendek ngapak yang mengangkat budaya lokal, dan potensi wisata alam di wilayah Kebumen, khususnya desa Karangduwur. Tidak hanya konten film ngpak yang dibuatnya, ada juga daily vlog, tradisional food dengan menggunakan logat bahasa ngapak. Salah satu video yang cukup viral adalah yang berjudul “Wong Jawa vs Sunda”.

Nah, sudah tahu kan ternyata di Kebumen juga banyak youtuber kondang, bahkan sudah biasa menghiasi layar kaca televisi dan hapemu terkecuali layar kaca jendela rumahmu.hehe. 
Menurut para ngapakers, youtuber di Kebumen yang kalian tahu siapa lagi?