3 Bahaya Musik Yang Perlu Anda Tahu

Esai

Musik memiliki fungsi dan peran yang beragam sehingga tidak satu pun manusia yang bisa lepas dari musik

Dari perspektik filsafat, musik diartikan sebagai bahasa nurani yang menghubungkan pemahaman dan pengertian pada ruang-ruang dan waktu. Disamping mempunyai beberapa manfaat dari musik, ternyata musik juga mampu menambah dampak buruk bagi seseorang. Berikut dampaknya: 


1. Musik Menambah Kesedihan Seseorang
Aristoteles, filsuf Yunani yang lahir di Stagira pada tahun 384 SM, mengatakan bahwa musik mempunyai kemampuan untuk mendamaikan hati yang sedang gundah, mempunyai terapi rekreatif yang dapat menumbuhkan jiwa patriotism. Menurut Aristoteles, disisi lain memang benar bahwa musik mampu memberikan efek positif yaitu mendamaikan hati. Tetapi tidak sepenuhnya benar. Misalkan seseorang merasa sedih setelah di putusin kekasihnya, maksud hati ingin menghibur dirinya dengan mendengarkan musik.  Ternyata yang diputar lagunya Kahitna yang berjudul “Mantan Terindah”, yang ada jadi tambah mewek,hehe..

2. Musik Menambah Sakit 
Berbagai literature juga menerangkan bahwa musik dapat bermanfaat sebagai alat terapi kesehatan. Bahkan, buat orang yang sakit mendengarkan musik bisa menjadi terapi membantu pemulihan tubuh. Tetapi menurut saya juga tidak benar. 
Mau cerita nih pengalaman bahwa musik  ternyata mampu menambah penderitaan orang. Pernah suatu ketika kakak sedang sakit gigi. Saya bermaksud untuk memberikan terapi musik untuk kakak dengan memutar lagu Metal. Ternyata niat baik saya disalah pahami oleh kakak. Ya udah lah kena marah… niat baik, tidak selalu berjalan  mulus.

3. Musik Menurunkan Motivasi
Motivasi adalah hal yang bisa dilahirkan dengan perasaan dan suasani hati tertentu. Apabila ada motivasi, semangat pun akan muncul dan segala kegiatan bisa dilakukan. Dalam hal in, musik dipercaya mampu menambah motivasi seseorang. Benarkah begitu? 
Oke, jika memang benar musik mampu menambah  motivasi seseorang, mengapa banyak dari jomblo yang masih patah semangat dalam berusaha menemukan pasangannya. Padahal sebenarnya gampang kan, agar tetap semangat dalam perburuannya cukup mendengarkan musik. Eh, malah jadi motivasinya turun stelah mendengarkan lagu The Rock “Munajat Cinta”. Lagunya kalau tidak salah begini 

Tuhan kirimkanlah Aku, 
Kekasih yang baik hati.
Yang mencitai Aku, 
Apa adanya.

Jadi tidak benar bahwa musik mampu menambah motivasi seseorang.hehe